Begini cara menepiskan rasa jenuh saat belajar!

Jumat, 02 Feb 2018, 15:52:32 WIB - 448 View
Share
Begini cara menepiskan rasa jenuh saat belajar!

Berbicara tentang perpustakaan selalu identik dengan jajaran rak dengan berbagai buku penjunjang belajar. Jadi sudah dipastikan tujuan utama pengunjung perpustakaan tentu adalah untuk belajar. Namun tentu saja, belajar pun kadang memiliki titik jenuh yang membuat siapapun susah untuk mengumpulkan konsentrasinya kembali. Karenanya dibutuhkan Banyak faktor yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami titik jenuh untuk belajar, faktor lingkungan, faktor sosial, atau bahkan karena sudah letih mempelajari setiap ilmu pengetahuan yang itu-itu saja. Manusiawi jika seseorang mengalami titik jenuh, kejenuhan kadang timbul ketika kita mendapati diri merasa setiap hal yang dilakukan hanyalah itu-itu saja, kegiatan yang sama dan terus diulang-ulang, setiap saat atau setiap hari. Rasanya mengalami titik jenuh sangatlah tidak enak. Tidak memiliki fokus pada satu tujuanpun, jika menurut anak muda sekarang disebut dengan “galau”. Melakukan ini biasa dan melakukan itu biasa.

Nah…jika kebetulan kalian digeluti rasa jenuh saat tengah belajar di Perpustkaan ITS, jangan menyerah dulu terlebih langsung menutup buku dan pergi dengan tugas-tugas kuliah yang belum terselesaikan. Ada hal-hal yang patut kalian coba untuk mengusir kejenuhan kalian diantaranya;

  • Mencoba suasana baru di Café Hot Spot, Café hot spot adalah salah satu sudut unik yang bisa kalian temukan di lantai 3 Perpustakaan ITS. Konsep wooden yang disematkan membuat tempat ini terlihat cozy & homey . Cobalah geser kesini dari tempat kalian belajar sebelumnya, siapa tahu akan menyurutkan kejenuhan kalian.
  • Alunan gemercik air di lantai 5, Dilansir Koran sindo.com, bahwa suara gemericik air mampu menghilangkan kepenatan dari segala aktivitas yang selalu dilakukan setiap hari.  Tidak hanya sebatas sebagai tempat merileksasikan diri, adanya efek gemercik air juga bisa sebagai penghilang kejenuhan dan memberikan nilai estetika tersendiri. Ingin membuktikannya sendiri? Silahkan kunjungi Sirkulasi lantai 5 perpustakaan ITS dan temukan dindin dengan air mengalir di sana.
  • Menyapa ikan-ikan kecil di lantai 4, Sebuah studi mengatakan bahwa jika seseorang memelihara ikan dirumahnya, maka tingkat kejenuhan yang ada dipikirannya dapat berkurang, hal itu sudah terbukti dari beberapa survey yang telah dilakukan. Jadi jika kebetulan kalian tengah berada di lantai 4 Perpustakaan ITS dan sedang terjebak dalam kejenuhan “sapalah” ikan-ikan kecil yang menari indah di mini kolam, dari ukuran memang tak cukup besar namun cukup mampu menepikan kejenuhan loh!.
  • Menonton film di Audio Visual, menonton film yang pernah dilihat  ataupun film yang baru bisa dijadikan senjata untuk obati rasa jenuh. Tak harus menonton film komedi yang berusaha memancingmu tertawa. Karena orang jenuh itu tidak selalu butuh tawa dan tak akan selalu berhasil dipancing untuk tertawa. Bisa saja nonton film drama, action atau horor. Menonton adalah kegiatan pengalihan dari kepenatan menjalani rutinitas yang menjadikanm robot pekerja. Perpustakaan ITS memiliki home theatre yang berada dilantai 4 (Ruang Audio Visual), sesekali jika merasa jenuh bergabunglah dengan beberapa mahasiswa yang menjadi penonton setia Theatre Perpustakaan ITS. (nrl/fan)

 

Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar (Learning Resource Centre) dengan fasilitas dan jasa berbasis teknologi informasi, bertujuan menunjang kurikulum dengan menyediakan informasi dan bahan pustaka yang memadai untuk civitas akademika
© 2018 Perpustakaan ITS Ikuti kami di : Facebook Twitter Linked Youtube
site stats