ERC bersama mahasiswa Pasca Sarjana Teknik Perkapalan, hadirkan suasana santai namun serius

Senin, 15 Okt 2018, 11:36:12 WIB - 53 View
Share
ERC bersama mahasiswa Pasca Sarjana Teknik Perkapalan, hadirkan suasana santai namun serius

Dengan bimbingan dua staf Perpustakaan ITS, yakni Astutik Nur Qomariah S.Sos. M.HUM  dan Reini Ariani S.Sos, E Resources Class (ERC) pagi ini (15/10) berjalan dengan baik. Kelas tersebut dimulai pada pukul 09.00 waktu setempat, bertempat di ruang internet yang berada di lantai 3 Perpustakaan ITS.

Ada yang berbeda dari ERC hari ini dengan sebelum-sebelumnya, jika sebelumnya kelas ini terkesan serius dan membutuhkan konsentrasi tinggi tapi tidak untuk kali ini. Meski terkesan lebih santai, namun justru itu membuat suasana kelas lebih bersahabat, peserta lebih aktif, dan sharing materi antara pemateri dan peserta benar-benar hidup.

“kita coba cari jurnal dengan keyword “ocean marine” saja “ ungkap salah satu peserta saat pemateri ingin memberikan contoh cara mengakses salah satu vendor jurnal yang sudah dilanggan oleh ITS. Tentu saja ini menjadi hal yang menarik, karena biasanya pemmateri yang meminta peserta untuk memberikan saran keyword tersebut. Kali ini peserta sudah aktif memberikan saran kata kunci sebelum diminta.

ERC kali ini juga menyajikan materi tambahan seputar Scimago Journal & Country Rank (SJR) dan DOAJ. SJR alternatif untuk melihat Impact Factor (IF) sebuah jurnal.  Sebagaimana kita ketahui Impact Factor adalah standar pengukuran kualitas jurnal yang mengacu pada science citation index (SCI) dari Thomson Reuters. Sedangkan DOAJ (Directory of Open Access Journals) atau Direktori Jurnal Akses Terbuka adalah situs web yang mencantumkan daftar jurnal akses terbuka, dikelola oleh Infrastructure Services for Open Access (IS4OA).

ERC memberikan ilmu baru yang bermanfaat bukan ? , jika Anda berminat mengikuti ERC bisa mengikuti jadwal yang telah ditentukan oleh Perpustakaan ITS dengan langsung melakukan pendaftaran melalui http://bit.ly/e-resourcesclass. Atau Anda juga dapat mengajukan kelas khusus (by request) seperti halnya yang telah dilakukan oleh mahasiswa Pasca Sarjana Teknik Perkapalan pagi ini, yakni dengan menghubungi kami di WA 085937062001. Kami nantikan kedatangan Anda, semoga sukses selalu dan salam literasi!.

Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar (Learning Resource Centre) dengan fasilitas dan jasa berbasis teknologi informasi, bertujuan menunjang kurikulum dengan menyediakan informasi dan bahan pustaka yang memadai untuk civitas akademika
© 2018 Perpustakaan ITS Ikuti kami di : Facebook Twitter Linked Youtube
site stats