International Seminar for Non-Academic Staff edukasi dan motivasi Staff ITS

Jumat, 03 Nov 2017, 14:50:09 WIB - 85 View
Share
International Seminar for Non-Academic Staff  edukasi dan motivasi Staff ITS

Seperti yang kita ketahui bahwa Bahasa Inggris telah diakui sebagai bahasa internasional dalam berbagai bidang, terutama pada bidang akademik, ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi atau paling tidak memiliki kedudukan khusus di 75 negara dan digunakan di lebih dari 100 negara. Masyarakat yang berasal dari beragam latar belakang geografi, agama, dan budaya telah disatukan oleh suatu bahasa internasional tersebut yang disepakati untuk digunakan dalam berkomunikasi satu sama lain.

Karena untuk mengikuti pergerakan arus tersebut, kemampuan dan skill bahasa inggris bagi setiap individu mau tak mau harus ditingkatkan. Terlebih bagi tenaga kerja di lingkungan pendidikan, terutama di lingkungan Kampus ITS yang kerap menerima mahasiswa maupun staff dari luar negeri untuk melakukan study banding.

Seminar International dari International Office (IO) – ITS yang digelar hari ini (03/11), acara yang di buka oleh Bapak Prof. Arif Junaidi dan dilanjutkan oleh Ibu Maria Anityasari tersebut juga tak lepas dari tujuan utama untuk memberikan himbauan kepada staff ITS bahwa banyak program yang bisa mereka ikuti untuk mengasah kemampuan bahasa mereka, misalnya ITS Staff Mobility, Erasmundus Project, In House Training for LO, dan share ITS. Contohnya seperti akhir-akhir ini, ITS telah menerima peserta Inbound Staff Mobility sebanyak 8 orang dari Vitenam, Thailand, dan Kamboja yang pagi ini juga mengikuti Seminar di Perpustakaan ITS lantai 2. Di ITS mereka tidak hanya belajar tapi juga berbagi, karenanya mereka juga berkesempatan mendatangi langsung di beberapa depertemen/unit. Jika tiap individu tidak dibekali dengan kemampuan bahasa inggris yang bagus, bagaimana akan berbagi ilmu dengan para peserta yang berasal dari lintas negeri tersebut?.

Dalam seminar tersebut beberapa alumni staff mobility program juga berkenan hadir dan berbagi pengalaman mereka mengapa mereka ikut program staff mobility dan apa yang mereka dapatkan dari program tersebut.

“ mengapa saya mengikuti staff mobility Program? Karena saya ingin meningkatkan bahasa inggris saya karena saya sadar pekerjaan saya sangat membutuhkan skill tersebut.” Ungkap Agus Setiawan alumni staff mobility Program dari UPT Perpustakaan ITS.

“10 November 2017 akan dibuka staff mobility Program, segera informasikan ke kolega Anda, kirim staff-staff Anda untuk belajar dan berkembang bersama kami” ungkap Bu Maria penuh semangat di tengah-tengah seminar. Jadi untuk para tendik ITS, tidak ada alasan untuk tidak bisa speak English ya, karena banyak kesempatan yang ditawarkan untuk bisa dijadikan media pembelajaran, kembali ke masing-masing individu apakah ada niat ingin mengikuti perkembangan jaman atau diam terjebak dalam ketertinggalan.(nrl)

Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar (Learning Resource Centre) dengan fasilitas dan jasa berbasis teknologi informasi, bertujuan menunjang kurikulum dengan menyediakan informasi dan bahan pustaka yang memadai untuk civitas akademika
© 2017 Perpustakaan ITS Ikuti kami di : Facebook Twitter Linked Youtube