Kesan Baik dari Pustakawan UNP Padang dalam Kunjungannya ke Perpustakaan ITS

Kamis, 15 Feb 2018, 15:53:59 WIB - 94 View
Share
Kesan Baik dari Pustakawan UNP Padang dalam Kunjungannya ke Perpustakaan ITS

Berbicara tentang Akreditasi, Setiap lembaga terutama perguruan tinggi senantiasa berusaha untuk memperoleh nilai yang baik, dan setelah mendapatkan nilai baik tersebut pun tetap harus berusaha mempertahankan dan meningkatkan nilai baik tersebut. Mengapa akreditas dianggap penting? Karena akreditasi sangat diperlukan untuk standar ukuran tentang mutu pendidikan pada suatu lembaga pendidikan perguruan tinggi dan sebagai acuan untuk memberikan informasi tentang sudah siapnya suatu perguruan tinggi tersebut dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar sesuai standarisasi yang diberikan oleh pemerintah (kemendiknas) dalam tahap proses globalisasi pendidikan untuk daya saing secara global dimasa datang. Beragam cara dapat ditempuh oleh suatu lembaga guna sebagai bekal atau acuan dicapainya nilai akreditas yang sesuai harapan lembaga yang bersangkutan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh UPT Perpustakaan Negeri Padang, guna mempersiapakan re-akreditas lembaganya, mereka melakukan kunjungan ke berbagai Perpustakaan perguruan tinggi salah satunya UPT Perpustakaan ITS yang berlangsung siang ini (29/01). Sebanyak 12 orang dari Perpustakaan Negeri Padang melakukan library tour dengan didampingi pustakawan Perpustakaan ITS. Harapannya mereka bisa melihat langsung bagaimana Perpustakaan ITS dan apa saja yang ada di sini sehingga nantinya bisa diterapkan di UPT Perpustakaan Negeri Padang.

“Inilah kami dengan segala kesederahanaan kami, namun kami selalu berusaha untuk dapat memenuhi segala kebutuhan pemustaka kami. Karena yang terpenting pemustaka puas dengan segala layanan kami, kemudian nilai baik pasti akan mengikuti” jelas Pak Edy saat mendampingi Tour Library.

Para tamu dari UNP melakukan Tour Library dengan penuh semangat, Mulai dari lantai 1 hingga lantai 5 Perpustakan ITS, dijelaskan secara terperinci dan mereka pun diberikan kesempatan untuk bertanya jika ada hal yang kurang jelas.

“Perpustakaan ITS koleksinya sangat lengkap, banyak spot/corner yang nyaman sekali, edukasi literasinya juga berjalan dengan baik, menurut saya Perpustakaan ITS ini nilai akreditasnya seharusnya tidak sekedar A tapi A+” Puji Asmiarni salah satu Pustakawan UPT Perpustakaan Negeri Padang.

"Saya harap rekan-rekan tidak hanya berkeliling perpustakaan dan ITS, nanti juga dapat dinikmati berkeliling kota surabaya dan sekitarnya" ungkap Bapak Edy Suprayitno seraya tersenyum untuk menambah suasana makin akrab.

Dari kunjungan ini harapannya juga tidak sekedar semata-mata demi nilai akreditas, yang tak kalah penting juga adalah tentang bagaimana menjaga tali silaturahim antara pustakawan ITS dan UNP, sehingga ke depannya pun bisa terus bisa membanguan hubungan yang baik dan bisa saling berbagi ilmu  serta informasi guna untuk meningkatkan kualitas, baik kualitas lembaga maupun diri pribadi yang nantinya pun sama-sama akan bermuara pada kualitas pendidikan di Indonesia.(fan/nrl)

Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar (Learning Resource Centre) dengan fasilitas dan jasa berbasis teknologi informasi, bertujuan menunjang kurikulum dengan menyediakan informasi dan bahan pustaka yang memadai untuk civitas akademika
© 2018 Perpustakaan ITS Ikuti kami di : Facebook Twitter Linked Youtube
site stats