Kuliah boleh libur tapi tidak dengan belajar

Jumat, 22 Des 2017, 15:15:22 WIB - 138 View
Share
Kuliah boleh libur tapi tidak dengan belajar

Musim liburan tak semuanya dinikmati para mahasiswa ITS, beberapa dari mereka masih enggan meninggalkan rutinitas belajarnya terutama mahasiswa tingkat akhir yang harus mempersiapkan bahan skripsi untuk semester depan. Bahkan mahasiswa lain yang bukan dari tingkat akhir pun mengaku masih banyak laporan dan tugas yang harus dikerjakan sehingga mereka pun tetap setia keluar masuk ke perpustakaan meski di musim liburan.

“justru enak begini, sepi sekali, belajar jadi bisa lebih focus dan koleksi yang tersedia sangat lengkap” ungkap Ikra Muhammad, salah satu mahasiswa dari Teknik Sipil.

Nah, bagi kalian yang tidak dibebani tugas serta persiapan skripsi, tetap harus pandai-pandai memanfaatkan masa liburan kalian. Jangan sampai saat masa kuliah tiba, kalian menjelma mahasiswa baru lagi yang tidak tahu “arah mata angin”. Saat SMA, biasanya semester ganji ke genap hanya diberi libur 2-3 minggu, sedangkan waktu kuliah 1-1,5 bulan. Banyak hiburan yang dibayangkan akan dilakukan saat liburan mulai, seperti bermain game sepuasnya, membaca novel, menonton film, jalan-jalan ke suatu tempat, atau tidur sepuasnya di rumah. Namun berberapa orang mungkin sudah bosan melakukannya dalam 2-3 minggu pertama. Dilansir dari Kompasiana.com, Ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan saat libur panjang semester. Selain menyenangkan, pastinya kegiatan-kegiatan di bawah ini tetap bisa membuat kalian melakukan sesuatu yang bermanfaat:

  • Mencari beasiswa, Memasuki semester baru, biasanya akan banyak perusahaan yang membuka kesempatan pemberian beasiswa kepada mahasiswa dengan kriteria-kriteria tertentu. Tugas adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya dan memenuhi semua persyaratan yang diajukan.
  • Menyiapkan Barang yang Perlu Kamu Miliki untuk Kuliah, Pertama-tama tentunya kalian perlu membuat daftar barangnya terlebih dahulu untuk persiapan kuliah. Bukan hanya barang yang berhubungan dengan kegiatan belajar saja, tapi juga kebutuhan hidup apabila kalian adalah anak kos, seperti barang-barang perawatan kebersihan, dan lain-lain. Jika sudah dipersiapkan sejak lama, pasti akan lebih terorganisir.
  • Mencaritahu Buku yang Diperlukan untuk Semester Selanjutnya, Cara ini bisa tanyakan pada senior yang sudah pernah melewati mata kuliah yang akan k hadapi di semester selanjutnya. Dengan mencari tahu jenis buku yang diperlukan, bisa memperkirakan budget yang dibutuhkan untuk membeli buku-buku tersebut; terlebih jika buku yang kamu perlukan adalah textbook yang biasanya relatif mahal. Tapi membeli buku bukan satu-satunya solusi karena ada perpustakaan yang siap kalian manfaatkan.
  • Atur Social Media yang Kamu Mainkan, Semakin tinggi tingkat semester kalian, maka sebaiknya kalian semakin bersikap profesional karena akan semakin mendekati dunia kerja yang sesungguhnya. Oleh karenanya tidak ada salahnya jika kalian sudah mulai mengatur social media yang kalian mainkan, misalnya menghapus konten-konten lalu yang kurang baik, dan mulai aktif untuk memperhatikan akun LinkedIn untuk memperluas jaringan.
  • Lakukan Hobi Lama atau Pelajari Skill Baru, hobi lama saat zaman-zaman sekolah yang justru sudah jarang dilakukan karena padatnya aktivitas kuliah? Liburan ini saatnya lakukan hobi tersebut, kalian juga bisa menemukan skill-skill baru yang mungkin belum disadari, misalnya meningkatkan kemampuan desain dengan belajar Photoshop, atau mempelajari Microsoft Office lebih dalam lagi. Saat sudah lulus kuliah skill-skill tersebut akan sangat berguna.
  • Melakukan Kegiatan yang Bisa Memperkaya CV-mu, Masa liburan seperti ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat CV-kalian semakin menarik dengan pengalaman-pengalaman. Misalnya dengan melakukan magang, menjadi volunteer, atau bahkan mengikuti pelatihan-pelatihan khusus. Terlebih lagi jika kalian adalah mahasiswa tingkat akhir yang sebentar lagi akan berhadapan dengan dunia kerja sesungguhnya, ini akan sangat membantu.
  • Ikut Berbagai Ajang Kompetisi, Belakangan ini banyak diselenggarakan lomba-lomba untuk para mahasiswa. Banyak mahasiswa yang bisa cum laude, tapi yang benar-benar membedakan kita dengan mahasiswa lain adalah keaktifan kita mengikuti bermacam-macam kompetisi. Ada bermacam-macam lomba yang dapat diikuti mahasiswa, dan ada untuk hampir setiap bidang. Mulai dari olimpiade, karya tulis, olahraga, seni, dan lain-lain. Oleh karena itu selagi ada kesempatan, ikuti ajang-ajang tersebut. Terutama jika bisa dipersiapkan mulai liburan, kenapa tidak dicoba?.
  • Ikut Seminar atau Pelatihan, Jika ada seminar atau pelatihan yang diadakan saat liburan dan kebetulan menarik, kenapa tidak diikuti? Toh juga tidak ada kuliah. Lumayan juga untuk menambah SKP yang sekarang menjadi tuntutan menjadi mahasiswa. Selain itu mengikuti seminar yang diadakan di luar kampus kalian tentu dapat menambah persepsi dan lebih membuka wawasan kalian.(*/nrl)

 

Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar (Learning Resource Centre) dengan fasilitas dan jasa berbasis teknologi informasi, bertujuan menunjang kurikulum dengan menyediakan informasi dan bahan pustaka yang memadai untuk civitas akademika
© 2018 Perpustakaan ITS Ikuti kami di : Facebook Twitter Linked Youtube