Memotivasi anak-anak di Rusun Keputih untuk gemar membaca

Rabu, 01 Agu 2018, 10:26:40 WIB - 113 View
Share
Memotivasi anak-anak di Rusun Keputih untuk gemar membaca

Seperti halnya yang telah dilaksanakan di beberapa TBM binaan Perpustakaan ITS, PDPM-LPPM ITS, dan Perpustakaan Kota melalui program Kampung Literasi. Kini saatnya menggelar acara serupa di TBM Rumah Susun (Rusun) Keputih.

Jika biasanya pengguna TBM yang di dominasi siswa sekolah dasar kelas 5 dan 6. Untuk di TBM Rusun Keputih ini justru didominasi oleh anak-anak kelas 1 SD ke bawah. Karenanya, jika berdasarkan agenda seharusnya adalah melaksankan kegiatan membaca nyaring kemudian menceritakan kembali apa yang telah dibaca. Kegiatan tersebut diganti dengan nonton bersama “nobar” sebuah film yang telah di siapkan oleh panitia.

Asal mula Danau Toba, adalah film yang hari itu (31/07) diputar. Hal tersebut dilakukan mengingat kebanyakan anak-anak di TBM tersebut belum bisa membaca karena usianya yang masih terbilang sangat muda. Anak-anak terlihat tertib dan menikmati film tersebut, terlihat dari tidak adanya anak-anak-anak yang keluar masuk TBM saat pemutaran film berlangsung. Usai pemutaran film, Ibu Kartika menyampaikan nilai-nilai yang bisa dipetik dari film tersebut, juga mencoba mengulas kembali alur cerita film tersebut guna untuk mengetahui sejauh mana pemahaman anak-anak terhadap alur ceritanya serta seperti apa kemampuan anak-anak dalam usahakan menceritakan kembali apa yang telah dilihat.

Untuk mempersiapkan lomba menulis cerita yang akan di gelar pada 01 Agustus 2018 di tempat yang sama yakni TBM Rusun Keputih. Anak-anak dibagi ke dalam 2 kelompok, untuk kelas 4 SD ke bawah diarahkan mengikuti Bu Kartika yang sudah siap untuk membawakan sebuah dongeng. Kemudian sisanya akan dibimbing dalam mempersiapkan diri untuk menulis cerita. Kedua kelompok terlihat sangat bersemangat, semangat itu jugalah yang akhirnya juga memicu panitia untuk semaksimal mungkin memberikan yang terbaik untuk anak-anak.(nrl)

 

 

Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar (Learning Resource Centre) dengan fasilitas dan jasa berbasis teknologi informasi, bertujuan menunjang kurikulum dengan menyediakan informasi dan bahan pustaka yang memadai untuk civitas akademika
© 2018 Perpustakaan ITS Ikuti kami di : Facebook Twitter Linked Youtube
site stats