Perpus ITS Gelar Workshop Smart E-Resources Access untuk maksimalkan pemanfaatan E-Book & E-Journal

Kamis, 13 Des 2018, 14:03:02 WIB - 70 View
Share
Perpus ITS Gelar Workshop Smart E-Resources Access untuk maksimalkan pemanfaatan E-Book & E-Journal

Sharing is good, and with digital technology, sharing is easy”. - Richard Stallman

“ITS sudah menghabiskan anggaran yang cukup tinggi untuk melanggan e journal dan a book, sehingga kami berharap seluruh civitas akademika ITS bisa memanfaatkannya dengan maksimal.” Pesan ini disampaikan oleh Kepala Perpustakaan ITS Edy Suprayitno, S.S., M.Hum saat memberi sambutan sekaligus membuka acara Smart E-Resources Access to Internal Scientific Journal Workshop pagi itu (12/12) di Ruang Seminar lantai 2, Perpustakaan ITS.

Dalam workshop ini menghadirkan beberapa narasumber yang masing-masing akan menyampaikan materi dari berbagai vendor E Journal. Sastriyati, SE , Academic Sales Manager Group Asia Pacific Limited mengawali pemaparan materi dengan pembahasan yang diangkat seputar SAGE. Sastriyati dengan jelas dan ringkas memberikan informasi-informasi seputar kelebihan pada SAGE, sehingga harapannya baik peserta workshop tidak berpikir dua kali untuk melanggan SAGE baik atas nama pribadi maupu atas nama institusi mereka.

Materi selanjutnya kemudian di isi oleh Ibu Nelly Arifyani dari Springer Nature. Berbeda dengan sebelumnya, jika pada SAGE hanya dipaparkan secara teori, pada kesempatan ini Nelly memperkenalkan secara umum Springer Nature dan kemudian langsung mengajak peserta untuk praktek bagaimana cara menelusur informasi atau mencari e journal di Springer Nature. Sehingga bagi peserta yang mengalami kesulitan saat mengakses, saat itu juga Nelly akan langsung mencari solusi pemecahannya di depan peserta. Berbagai fitur menarik yang bisa dimanfaatkan dari Springer Nature oleh Nelly juga disampaikan dengan jelas, Dia bahkan menginformasikan kontaknya kepada seluruh peserta workshop untuk menghubunginya jika pada kesempatan yang lain menemukan kendala saat mencari jurnal di Springer Nature.

“silahkan hubungi saya baik melalui wa maupun email jika menemui kendala saat mengakses springer Nature, akan saya respon secepat yang saya bisa”. Ungkap Nelly menunjukan komitmennya.

Memasuki sesi selanjutnya usai ishoma, telah siap dengan materinya yang tak kalah menariknya yakni Bapak Dadik dan Sari dari PT. Piranti Kharismapratama yang siang itu memaparkan materi seputar Gale. Sebelum memasuki penghujung acara, pustakawan perpustakaan ITS, Astutik Nur Qomariah, M.Hum menyampaikan bagaimana cara penggunaan Mendeley yang biasanya terangkum dalam Reference Manager Class. Dengan adanya materi ini, melengkapi kemampuan peserta sehingga kesulitan membuat sitasi dalam penelitian mereka tidak terjadi lagi.(nrl)

Menjadi pusat sumber belajar berstandar internasional yang mendukung secara aktif menjalankan tri dharma perguruan tinggi ITS menjadi World Class University
© 2019 Perpustakaan ITS Ikuti kami di : Facebook Twitter Linked Youtube
site stats