Perpustakaan ITS berbagi ilmu dan informasi melalui observasi dari Mahasiswa UNAIR

Kamis, 02 Nov 2017, 02:29:01 WIB - 168 View
Share
Perpustakaan  ITS berbagi ilmu dan informasi melalui observasi dari Mahasiswa UNAIR

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) observasi merupakan peninjauan secara cermat. Senada dengan yang dilakukan mahasiswa/i jurusan ilmu informasi dan Perpustakaan (IIP) Universitas Airlangga angkatan 2014 yang mengunjungi Perpustakaan ITS hari ini (18/10).

Kegiatan observasi yang dilangsungkan di Perpustakaan ITS ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas belajar mengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga ini diikuti oleh sebanyak Sembilan (9) mahasiswa/i. Sebelumnya mereka telah dibekali ilmu perpustakaan melalui mata kuliah Studi Perbandingan Klasifikasi dan Katalogisasi. Dengan bekal teori-teori tersebut kini mereka dihimbau untuk melihat langsung ke lapangan. Selama ini mereka sudah paham dengan bagaimana klasifikasi di Perpustakaan mereka sendiri (Perpustakaan UNAIR), untuk menambah pengetahuan, mereka ingin melihat pengklasifikasian dan berbagai fasilitas perpustakaan ITS.

 

“yang saya tahu, di ITS ini banyak jurusan teknik-teknik, jadi kami ingin tahu seperti apa cara klasifikasi dan katalogisasinya karena selama ini di Perpustakaan kami yang kami tahu hanya seputar ilmu social saja “ jelas Talitha Azura, salah satu peserta observasi.

Selama melakukan “tour library” mereka dibimbing oleh Pustakawan Perpustakaan ITS. Jadi selain melakukan pengamatan sendiri, mereka juga aktif melakukan tanya jawab kepada pustakawan demi mendapatkan informasi yang lebih akurat. Pustakawan Perpustakaan ITS pun dengan senang hati menjelaskan dan menjawab pertanyaan peserta observasi, serta berusaha memberikan edukasi sebaik mungkin agar dengan observasi ini pengetahuan mereka benar-benar bertambah.

“ Dari kegiatan ini, harapan saya dari serangkaian observasi yang telah dilakukan telah mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta observasi. Dan mereka sudah mendapatkan apa yang menjadi tujuan dilakukannya observasi tersebut”. Jelas Pak Eddy, Ketua Perpustakaan ITS.[nrl/fan]

             

 

Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar (Learning Resource Centre) dengan fasilitas dan jasa berbasis teknologi informasi, bertujuan menunjang kurikulum dengan menyediakan informasi dan bahan pustaka yang memadai untuk civitas akademika
© 2017 Perpustakaan ITS Ikuti kami di : Facebook Twitter Linked Youtube