Perpustakaan ITS sadari pentingnya siraman spiritual dalam dunia kerja

Rabu, 29 Nov 2017, 12:56:06 WIB - 41 View
Share
Perpustakaan ITS sadari pentingnya siraman spiritual dalam dunia kerja

, "...maka carilah rezeki di sisi Allah, kemudian beribadah dan bersyukurlah kepada Allah. Hanya kepada Allah kamu akan dikembalikan” (Qs Al-Ankabut: 17).

Dalam kehidupan umat muslim Al-Quran dan Al-Hadist mempunyai fungsi tidak hanya mengatur dalam segi ibadah saja melainkan juga mengatur umat dalam memberikan tuntutan dalam masalah yang berkenaan dengan keduniaan, salah satunya adalah dalam hal bekerja. Karena sudah dipastikan, seorang pekerja yang lekat dengan nilai-nilai spiritualitas dalam kehidupannya pasti akan bekerja lebih profesional. Selain itu, ia takut untuk melakukan kecurangan-kecurangan. Ia tak hanya takut dengan sanksi dari perusahaan tempatnya bekerja, tapi juga takut dengan sanksi Illahi yang akan ia terima di akhirat kelak.

Karena mengingat pentingnya hal tersebut, Perpustakaan ITS telah cukup lama menerapkan kegiatan pengajian yang digelar pada hari jumat, minggu ke empat setiap bulannya. Untuk bulan November ini, pengajian bulanan yang biasanya dimulai pukul 07.00 wib tersebut menghadirkan Ustadz Abd Salam yang pagi itu menyampaikan nasehat agamanya bertema Menghadapi Fitnah Dajjal.

Sebelumnya Ustadz Abdul dalam pembukaannya juga mengingatkan sebagai manusia untuk tak pernah lupa bersyukur akan nikmat-nikmat dari Allah yang sering kita abaikan yakni kesehatan. Bisa dibayangkan bila seseorang dengan harta melimpah, tapi begitu diberikan sakit  masih bisakan menikmati harta mewahnya?.  Dan sama halnya dengan pekerjaan yang sudah kita miliki harus senantiasa disyukuri, banyak cara mengaplikasikan rasa syukur misalnya dengan meningkatkan ibadahnya, perbanyak sodaqohnya, sedangkan aplikasi rasa syukur pada instansi tempat kita bekerja tentu juga banyak cara misalnya dengan meningkatkan kedisiplinan serta selalu melandasi apa yang dikerjakan dengan keikhlasan. (nrl)

Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar (Learning Resource Centre) dengan fasilitas dan jasa berbasis teknologi informasi, bertujuan menunjang kurikulum dengan menyediakan informasi dan bahan pustaka yang memadai untuk civitas akademika
© 2017 Perpustakaan ITS Ikuti kami di : Facebook Twitter Linked Youtube