Perpustakaan, tempat berfaedah untuk ngabuburit

Rabu, 23 Mei 2018, 10:04:28 WIB - 338 View
Share
Perpustakaan, tempat berfaedah untuk ngabuburit

Hari ini sudah memasuki hari ke-tujuh, umat Islam menjalankan ibadah puasa. Selama bulan puasa, tentu banyak dari kita yang merasakan beberapa perubahan dalam aktivitas kita sehari-hari, mulai dari waktu tidur, bangun, ibadah, sahur, dan sebagainya. Bagi sebagian orang, perubahan yang terjadi seringkali berakibat tidak optimalnya kinerja tubuh dalam beraktivitas. Semua itu karena kita kurang mempersiapkan diri dan tidak mampu beradaptasi dengan baik dengan perubahan yang ada.

Bagaimana dengan belajar? terutama bagi mahasiswa dalam kesehariannya yang tidak lepas dari kegiatan belajar. Tentu tidak mau kan selama kalian beribadah, kalian malah merasa kegiatan belajar kalian terganggu? agar selama puasa semangat belajar kalian tidak surut, berikut tips menarik yang dihimpun oleh tim Perpustakaan ITS:

  • Sahur bergizi, makanlah makanan yang bergizi lengkap saat sahur, jangan makan untuk kenyang. Makanan dengan karbohidrat kompleks jadi pilihan bagus. Minum air putih juga wajib, malah sebaiknya dilakukan sepanjang malam.
  • Tidur siang, manfaatkan waktu di siang hari untuk beristirahat dengan tidur siang apabila ada kesempatan. Selain untuk belajar selama puasa Perpustakaan ITS yang memang memiliki fasilitas lesehan dibeberapa titik lengkap dengan AC sehingga akan membuat kalian betah disana, tak jarang memang dimanfaatkan mahasiswa untuk istirahat di siang hari baik tidur maupun sekedar meregangkan otot-otot mereka.
  • Belajar di sore hari, Kalau kuliah tidak libur, kalian review materi mata kuliah baik dilakukan di sore hari. Perpustakaan adalah tempat yang pas untuk kegiatan ini. Ngabuburit di perpustakaan akan menjadi sangat bermanfaat.
  • Tidur cukup di malam hari, Di bulan puasa, akan ada lebih banyak kegiatan yang membuat kalian tidur lebih larut dari biasaya. Kalian harus tahu, kapan sebaiknya kita tidur larut, dan kapan sebaiknya kita beristirahat, sesuai keadaan fisik, emosi, dan aktivitas yang akan dilakukan keesokan harinya.
  • Belajar agama suasana bulan Ramadhan selalu membuat kalian merasa lebih dekat kepada Sang Pencipta. Hal ini membuat kalian lebih tersugesti untuk lebih banyak melakukan kebaikan dan ibadah. Manfaatkanlah suasana hati tersebut untuk belajar ilmu agama sebanyak-banyaknya. Tidak hanya berupa ceramah, agama bisa kalian pelajari melalui buku-buku koleksi Perpustakaan ITS yang berada di lantai 5. Perpustakaan memang tempat berfaedah untuk ngabuburit bukan?.
  • Aktivitas fisik ringan, Selama berpuasa, alangkah baiknya jika kalian tetap melakukan beberapa aktivitas fisik untuk menjaga kesegaran otak kita dalam belajar. Aktivitasnya tidak harus berat, namun senam kecil, jalan kaki, bersepeda, dan aktivitas fisik ringan lainnya bisa kita lakukan agar tubuh kita tetap prima, bahkan saat berpuasa. Aktivitas fisik ringan insya Allah tidak akan membuat puasa kita batal, kok.
  • Be happy!, Dalam berpuasa, jangan sampai kalian menyalahkan puasa karena menghambat aktivitas belajar kalian ya.

Demikian tips bagi kalian yang ingin tetap belajar optimal selama berpuasa. Selamat Berpuasa sobat library. Jangan lupa jaga stamina dan tetap rajin membaca selama puasa agar puasa kita semakin bermanfaat!.(nrl)

Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar (Learning Resource Centre) dengan fasilitas dan jasa berbasis teknologi informasi, bertujuan menunjang kurikulum dengan menyediakan informasi dan bahan pustaka yang memadai untuk civitas akademika
© 2018 Perpustakaan ITS Ikuti kami di : Facebook Twitter Linked Youtube
site stats