Pustawakan ITS Edukasi Mahasiswa Pasca Sarjana Teknik Kelautan melalui E-Resources Class

Kamis, 02 Nov 2017, 02:23:50 WIB - 87 View
Share
Pustawakan ITS Edukasi Mahasiswa Pasca Sarjana Teknik Kelautan melalui E-Resources Class

Kebutuhan informasi untuk menunjang akademis baik untuk dosen maupun mahasiswa terus meningkat. Selain isi dari informasi tersebut, beragam sumber dan bentuk informasi juga terus berkembang terutama informasi bentuk digital yang bisa diakses secara online.

E-Journal adalah salah satu bentuk informasi yang kini banyak dicari oleh civitas akademis. Kurangnya pengetahuan terkait cara mengakses koleksi E-Journal ini membuat koleksi ini kurang terjamah oleh pemustaka. Karenanya dibutuhkan suatu forum atau kelas yang bisa mengedukasi pemustaka agar penggunaan journal online lebih maksimal.

Menjawab hal tersebut perpustakaan ITS membuka E-Resources Class yang sudah dimulai sejak desember 2016. Adapun untuk jadwal kelas tersebut bisa disesuaikan dengan permintaan pemustaka yang sebelumnya telah melakukan pendaftaran di bit.lyle-resourcesclass atau juga bisa langsung menghubungi pustakawan ITS.

Seperti halnya mahasiswa Pasca Sarjana – Fakultas Teknik Kelautan (FTK) yang pagi ini (28/09) mengikuti E-Resources Class di Ruang internet lantai 2, Perpustakaan ITS. Acara yang dimulai sejak pukul 09.00 wib tersebut diisi oleh pustawakan ITS yakni Marsudiana dan Reini Ariani. Di awali dengan pemaparan tentang E-Resource, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan beragam E-Journal yang sudah dilanggan oleh ITS. Dalam kesempatan ini peserta E-Resource Class juga diajak untuk praktik bagaimana cara menelusur informasi yang mereka butuhkan dengan E-Resource, sehingga pesera diharapkan tidak hanya sekedar tahu bagaimana cara menggunakan tapi benar-benar sudah mampu menggunakannya.

“E-Resources Class ini sangat membantu kami, yang sebelumnya saya hanya tahu satu E- Journal yang dilanggan, dan hari ini saya baru tahu ternyata banyak” ungkap Betty Ariani salah satu peserta E-Resources Class.

“untuk menelusur informasi, biasanya kami cenderung memakai google, yang tentu saja hasilnya meragukan baik kualitas maupun sumber informasinya. Dengan E-Resource Class ini kami jadi tahu kemana dan bagaimana mencari informasi ilmiah yang berkualitas dan berkelas” tambah Danang Cahyagi usai mengikuti E-Resource Class.(nrl/fan)

Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar (Learning Resource Centre) dengan fasilitas dan jasa berbasis teknologi informasi, bertujuan menunjang kurikulum dengan menyediakan informasi dan bahan pustaka yang memadai untuk civitas akademika
© 2017 Perpustakaan ITS Ikuti kami di : Facebook Twitter Linked Youtube