Reference Manager Class (RMC) Perdana perkenalkan Aplikasi Mendeley

Rabu, 28 Feb 2018, 14:04:54 WIB - 369 View
Share
Reference Manager Class (RMC)  Perdana perkenalkan Aplikasi Mendeley

Perkembangan teknologi informasi dalam dunia perpustakaan sudah sedemikian meningkatnya, sehingga pustakawan harus mengenal berbagai aplikasi salah satunya adalah aplikasi pendukung pengelolaan sitasi/kutipan dan daftar pustaka/bibliografi dalam penyusunan karya ilmiah.

Mengingat pentingnya hal tersebut, Perpustakaan ITS mulai membuka kelas pelatihan pengelolaan sitasi/kutipan dan daftar pustaka/bibliografi dalam penyusunan karya ilmiah yaitu Reference Manager Class (RMC). Kelas perdana  tersebut telah berlangsung kemarin (27/02) di Lantai 3-Perpustakaan ITS.

RMC hanya diadakan jika ada permintaan, seperti halnya yang dilakukan pada hari Selasa kemarin, sebelumnya peserta telah melakukan permintaan (request). Jumlah peserta yang ada biasanya tidak sebanyak E Resources Class, namun justru kondisi ini yang bagi sebagian peserta sangat menguntungkan, karena dengan jumlah yang sedikit mereka seolah tengah dibimbing secara privat.

Manfaat dari RMC ini sangat dirasakan oleh peserta yang memang membutuhkan ilmu tersebut baik untuk dirinya sendiri maupun untuk bisa melakukan edukasi dengan pemustaka-pemustakanya. Seperti yang diungkapkan Ellif Nurfiana, salah satu peserta RMC dari Departement Sistem Informasi yang mengaku sangat terbantu dengan adanya kelas pelatihan ini.

“Kelas pelatihan ini (RMC) sangat membantu dan bermanfaat terutama untuk penulisan karya ilmiah karena selama ini untuk  membuat sitasi dan daftar pustaka biasanya saya menggunakan  microsoft word, rasanya cukup rumit. Nah, sekarang sudah mendapat ilmu dari Reference Manager Class untuk menggunakan Mendeley sangat praktis, mudah, dan sesuai dengan standar internasional” ungkap wanita ramah peraih gelar pustakawan berprestasi terbaik tingkat daerah / Provinsi Jawa Timur ini. (nrl)

Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar (Learning Resource Centre) dengan fasilitas dan jasa berbasis teknologi informasi, bertujuan menunjang kurikulum dengan menyediakan informasi dan bahan pustaka yang memadai untuk civitas akademika
© 2018 Perpustakaan ITS Ikuti kami di : Facebook Twitter Linked Youtube
site stats