Research Writing and Publishing Workshop pacu semangat peserta menulis jurnal ilmiah

Rabu, 14 Nov 2018, 15:49:12 WIB - 94 View
Share
Research Writing and Publishing Workshop pacu semangat peserta menulis jurnal ilmiah

Publikasi ilmiah dalam jurnal bereputasi sudah menjadi kewajiban dan tuntuan dari pemerintah yang harus dipenuhi oleh setiap Dosen maupun mahasiswa. Hal ini sejalan dengan tridharma perguruan tinggi, khususnya unsur penelitian. Menyadari akan hal tersebut maka Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyelenggarakan workshop database online yakni ScienceDirect yang merupakan produk dari Penerbit Elsevier. Hadir sebagai pembicara tim dari ScienceDirect Ujang Sanusi, Benny Ang, dan Nicholas Pak.

Acara yang bertajuk “How to Successfully publish in a scientific  dimulai pagi ini pukul 07.30 WIB tersebut diikuti oleh kurang lebih 100-an peserta. Peserta yang jumlahnya memang dibatasi tersebut didominasi oleh mahasiswa Pasca Sarjana dari berbagai bidang ilmu pendidikan. Bapak Edi Suprayitno, selaku Kepala Perpustakaan ITS mengawali acara tersebut dengan sambutan dan ucapan terima kasih yang disampaikan baik untuk narasumber maupun peserta yang sudah hadir.

Usai sambutan dari Pak Edi, kemudian dilanjutkan sambutan dari Ujang Sanusi, Customer Consultant Research Solutions Sales Elsevier. Beliau memaparkan gambaran umum tentang pengantar penerbitan jurnal ilmiah bagi peneliti.

Memasuki agenda utama, Benny Ang sudah siap dengan materinya yang kali ini membahas tentang Sinergistik eBuku dan Jurnal di ScienceDirect. Adapun cakupan yang disampikan Benny Ang adalah terkait Identify & Understanding Goals, Strategy & Next Steps, and ScienceDirect Topics, kemudian sebelum sesi tersebut diakhiri akan ada diskusi dan Tanya jawab dengan Benny Ang. Saat acara berlangsung, Benny Ang tak ragu-ragu untuk berjalan diantara peserta, Beliau mempersilahkan peserta untuk mengajukan pertanyaan. Jika setelah Ia hitung mundur tetap tidak ada pertanyaan, maka Benny Ang langsung memberikan pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta yang Ia tunjuk sendiri. Dengan cara tersebut, interaksi antara Benny Ang dan peserta berlangsung bagus.

Usai pemaparan materi dari Benny Ang, agenda utama kedua yakni oleh Nicholas Pak yang akan menyampaikan materinya tentang “ How to Successfully Publish in a Scientific Journal”. Dalam sesi ini Nicholas Pak menyampaikan dengan detil tentang pentingnya bagi pelaku akademik untuk menulis jurnal ilmiah berimpak, juga membahas hal-hal yang bersinergi dengan  Science Direct misalnya tentang bagaimana kriteria jurnal yang baik, serta berbagai kemudahan platform ScienceDirect yang disarankan untuk digunakan peserta sebagai salah satu langkah agar sukses mempublikasikan jurnal ilmiahnya. Seoerti halnya Benny Ang, di penghujung acara Nicholas Pak juga memberikan kesempatan peserta untuk bertanya atau berbagi tentang kesulitan-kesulitan apa yang selama ini mereka alami saat sedang menyusun jurnal ilmiah.

Ujang Sanusi kembali memandu jalannya acara usai pemaparan Nicholas Pak. Beliau sedikit mengulas dan menggaris bawahi hal-hal penting yang disampaikan oleh Benny Ang dan Nicholas Pak. Kemudian, Ujang Sanusi juga menambahkan informasi tentang penggunaan Mendeley – Social Research Platform Menurut beliau, Platform tersebut sama halnya seperti Facebook, di sana kita bisa bertemu dan berinteraksi dengan sesama peneliti. Tidak hanya berinteraksi, platform tersebut juga memungkinkan kita bisa berkolaborasi dalam grup Internasional, Anda bisa mendapatkan informasi lengkap terkait platform ini di https://www.elsevier.com/, salam peneliti Indonesia!.

 

 

 

Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar (Learning Resource Centre) dengan fasilitas dan jasa berbasis teknologi informasi, bertujuan menunjang kurikulum dengan menyediakan informasi dan bahan pustaka yang memadai untuk civitas akademika
© 2018 Perpustakaan ITS Ikuti kami di : Facebook Twitter Linked Youtube
site stats