Sosialisasi Pemanfaatan SNI Corner

Jumat, 10 Mar 2017, 08:57:02 WIB - 178 View
Share
Sosialisasi Pemanfaatan SNI Corner

Dengan adanya Pergantian Sistem yang baru pada SNI Corner Perpustakaan, maka pihak Perpustakaan ITS bekerja sama dengan BSN mengadakan sosialisasi pemanfataan SNI Corner di lantai 3 ruang Internet pada hari Kamis (9/3/17). Pihak BSN mengirimkan 3 orang staff untuk mensosialisasikannya setelah sehari sebelumnya melakukan penginstalan program di SNI Corner.

Acara dimulai pukul 09.30 dan diawali dengan sambutan kepala perpustakaan ITS, Edy Suprayitno, SS. M.Hum. “Kali ini kami mengundang pengelola ruang baca dan laboratorium untuk menghadiri acara sosialisasi ini, walaupun acaranya mendadak, tetapi alhamdulillah semua bisa hadir, karena acara ini sangat penting tentang SNI yang pasti sangat berguna ditempat bapak ibu bertugas”. Demikian ujar bapak asli Nganjuk ini. Setelah sambutan berakhir , maka tiba giliran pembicara dari BSN untuk menyampaikan Sosialisasi SNI.

Pembicara pertama adalah Iskandar Fauzi yang menjelaskan tentang Standarisasi di Indonesia secara umum. “ Standar itu berkaitan dengan mutu suatu produk yakni meliputi kenyamanan, kehandalan, waktu dan jaminan”. Menurut beliau penerapan SNI ada dua macam yaitu ada yang wajib dan ada yang sukarela, artinya yang wajib itu harus dilakukan, contohnya barang-barang elektronik, mainan anak-anak, pakaian bayi dibawah 4 bulan, dan sebagainya, maka jika tidak dilakukan maka produk itu harus dimusnakan sesuai peraturan yang berlaku. Sedangkan yang sukarela, maka suatu produsen bisa menggunakan SNI maupun tidak, contohnya minyak goreng, mie instan, kecap, dan sebagainya. Akan tetapi menurut pak Fauzi kedepannya semua itu harus ber SNI tanpa pandang bulu.

Sebagai pembicara kedua adalah Purwanto dari Perpustakaan BSN, beliau menyampaikan cara-cara pemanfaatan SNI Corner sesuai dengan fitur-fitur terbaru. “Semua SNI yang ada di SNI Corner ITS ini bisa didownload oleh sivitas akademika secara gratis, tetapi apabila ingin mencetak maka dikenakan biaya sesuai dengan aturan perpustakaan masing-masing”, demikian ujar bapak berputera dua ini.

Antusiasme peserta terlihat sangat tinggi, terbukti dari berbagai pertanyaan yang diajukan saat pembicara menyampaikan sesuatu dan pertanyaan itu terdiri dari berbagai macam tentang standar di Indonesia maupun di dunia. Ahirnya acara berakhir tepat pukul 11.30 dan semua peserta mendapat sertifikat dari perpustakaan dan sesi foto bersama dengan pihak BSN.                                                                        Bravo Perpustakaan...! (yag)

Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar (Learning Resource Centre) dengan fasilitas dan jasa berbasis teknologi informasi, bertujuan menunjang kurikulum dengan menyediakan informasi dan bahan pustaka yang memadai untuk civitas akademika
© 2017 Perpustakaan ITS Ikuti kami di : Facebook Twitter Linked Youtube