Temu Pustakawan ITS: Pustakawan ITS bersinergi dukung ITS mencapai World Class University (WCU)

Rabu, 28 Mar 2018, 11:06:09 WIB - 435 View
Share
Temu Pustakawan ITS: Pustakawan ITS bersinergi dukung ITS mencapai World Class University (WCU)

Fred  M.  Hayward dalam bukunya “Strategic  Planning  for  Higher  Education  in Developing Countries: Challenges and Lessons" menyampaikan bahwa untuk  menuju  WCU  bukan  sekedar infrastruktur semata, tetapi lebih penting dari itu adalah mentalitas  untuk  melakukan  perubahan.    Di  negara-negara berkembang  ditemukan  bahwa,  “The  major  obstacles  are  not money  but...  mentality.” Menuju  WCU  diperlukan  perubahan yang  mendasar,  yaitu  perubahan  mental, serta dengan menciptakan suatu keinginan  untuk merubah universitasnya menjadi berkelas dunia, sehingga hal inilah yang membutuhkan dukungan seluruh civitas akademika tak terkecuali di dalamnya pustakawan.

Karenanya dalam agenda rutin temu pustakawan yang digelar 4 kali dalam satu tahun, hari ini (27/03) adalah pertemuan pertama yang dilakukan tahun 2018 ini. Acara temu pustakawan yang di mulai pukul 09.00 waktu setempat tersebut juga mengundang pustakawan – pustakawan ITS yang dalam kesehariannya ditempatkan di ruang baca-ruang baca.

Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Edy Suprayitno selaku Kepala Perpustakaan ITS. Dalam sambutannya beliau menyampaikan perlunya untuk merefresh kembali hal-hal yang ada pada pustakawan, baik itu skillnya, pengetahuannya, maupun kompetensi lainnya yang bisa meningkatkan kulitas kinerjanya.

Usai sambutan dari Pak Edy, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ibu Astutik yang mengusung tema “Pustakawan sebagai Mitra Riset dalam mendukung Perguruan Tinggi (PT) mencapai World Class University (WCU)”. Dalam sesi ini juga disampaikan pula bahwa sudah seharusnya kinerja para pustakawan harus se visi dengan ITS yakni menjadi Perguruan Tinggi dengan reputasi Internasional dalam ilmu pengetahuan dan teknologi terutama yang menunjang industri dan kelautan yang berwawasan lingkungan. Usai pemaparan materi dari Bu Astuti dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang inpasing yang disampaikan oleh Pak Edy. Setelah dua materi disampaiakan kemudian dibuka sesi Tanya jawab dan acara di tutup dengan ramah tamah sebagai media untuk mendekatkan dan merekatkan hubungan baik antar pustakawan ITS.(nrl)

 

 

Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar (Learning Resource Centre) dengan fasilitas dan jasa berbasis teknologi informasi, bertujuan menunjang kurikulum dengan menyediakan informasi dan bahan pustaka yang memadai untuk civitas akademika
© 2018 Perpustakaan ITS Ikuti kami di : Facebook Twitter Linked Youtube
site stats