Wujudkan fungsi rekreasi Perpustakaan, Perpustakaan ITS langsungkan acara NOBAR

Sabtu, 07 Okt 2017, 09:23:30 WIB - 165 View
Share
Wujudkan fungsi rekreasi Perpustakaan, Perpustakaan ITS langsungkan acara NOBAR

Fungsi Perpustakaan sebagai tempat wisata bagi pemustaka dan masyarakat tertuang jelas dalam pasal 1 ayat 1 UU.No.43 Tahun 2007 tentang perpustakaan, yakni  bahwa "perpustakaan adalah institusi pengelola karya tulis, karya cetak dan/karya rekam, secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi  kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka”.

Fungsi rekreasi yang dimaksudkan di sini adalah, bagaimana perpustakaan selain menyajikan informasi penting, juga menghadirkan efek refresh bagi pemustakanya, baik pemustaka yang bertujuan mencari informasi semata atau yang bertujuan ganda.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Perpustakaan ITS mengaktifkan kembali Mini Theater Perpustakaan ITS yang berada di Ruang Audio Visual, lantai 4. Pemutaran film secara rutin akan dilakukan dua kali dalam satu minggu yakni setiap hari selasa dan kamis pukul 10.00 wib. Untuk hari ini (03/10), Perpustakaan melakukan pemutaran film perdananya dengan mengusung genre action yakni Transformers: The Last Knight. Respon dari pemustaka dalam hal ini para mahasiswa cukup positif, mereka terlihat semangat beramai-ramai memasuki mini theater. Alasan mereka butuh hiburan sebagian memang jenuh dengan tugas mereka dan memutuskan ingin refreshing sejenak, sebagian lagi memang tujuan awal ingin menyaksikan film favoritnya tersebut.

Nah kabar gembiranya adalah juga bisa mengajukan permintaan pemutaran film di luar jadwal pemutaran rutin,  bahkan para pemustaka juga berkesempatan membawa film favoritnya sendiri untuk diputar dan disaksikan bersama teman-temannya. Menyenangkan bukan? Jadi, kapan giliran kalian mau nobar?.

“ menyenangkan bisa nonton di Theater Perpustakaan. Ruangannya sejuk dan nyaman. Yang di sayangkan hanya layarnya, terlalu kecil. Apalagi kalau yang dilihat itu film barat, untuk membaca subtitlenya mata saya harus bekerja ekstra”. Ungkap Muhammad Nadim dari Teknik Sipil usai mengikuti pemutaran film.[fan/nrl]

Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar (Learning Resource Centre) dengan fasilitas dan jasa berbasis teknologi informasi, bertujuan menunjang kurikulum dengan menyediakan informasi dan bahan pustaka yang memadai untuk civitas akademika
© 2017 Perpustakaan ITS Ikuti kami di : Facebook Twitter Linked Youtube